Webinar Electrical Knowledge” Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan

Jakarta Poskota-Nasional.Com. Bertempat di Cafe Vinoti Living, diadakan acara Seminar listrik secara Daring Webinar yang dihadiri ketua Yakonus Ir. Suryawinata, MM.MTr.T , yang ber Thema” Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik ” sebagai pembicara Prof. Dr. Iwa Garniwa. M.K, MT, Dengan Sub Thema ” Dampak dan Mitigasi Harmonisa terhadap peralatan ketenagalistrikan” hadir sebagai moderator Dr. Endah Kumiyaningrum,ST,.MT Demikian kata Bambang Agus Hidayat, ST., MM. Sebagai Wakil Dekan FTI, ITBU dan juga Sebagai Wakil Sekretaris Yakonus, saat ditemui pada jumpa pers dengan Para Media 25/2/2021 .

Menurut Bambang Agus Hidayat, ST, MM, alternatif untuk menangani Harmonisa salah satunya adalah dengan Active Filter, sebuah gangguan didalam jaringan listrik yang akan sangat merugikan pelanggan maupun operator. Dalam kategori tersebut sebetulnya ada 11 komponen yang menggangu kelistrikan dimana menurut Prof. Dr. Ir.Iwa Garniwa , M.K, MT dalam penjelasannya terdapat 11 faktor.

Webinar Electrical Knowledge” Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan

Tetapi yang saya ketahui faktor pertama adalah Power Factor dikenal (Cos Phi) . PLN mewajibkan standar nya adalah diatas 0,85 , jika dibawah 0,85 maka PLN akan memberikan penalti semacam denda , nah itu adalah salah satu jenis yang merugikan kedua belah pihak, pada sebuah jaringan listrik Harmonisa adalah ngganguan jaringan listrik yang memang bukan dari Cos Phi , datangnya tiba-tiba suatu saat akan menghasilkan panas, misalnya akan terjadi kebakaran , dimana sekarang banyak diguanakan lampu LED, maka akan terjadi gangguan karena mengakibatkan gelombang sinuqqusinus header. gangguan hamonisa tapi tidak bulat dalam perjalanannya sebuah gelombang yang perlu diperbaiki sinusoidal ada ngganguan gelombang yang perlu diperbaiki .
Harmonisa ini dibahas, Ada tiga pakar yang dimunculkan dalam acara seminar listrik webinar yang membahas harmonisa ada pakar operasional dalam gedung (bulilding), para audience datang dari enjiner segala macam tergabung dalam Indonesian Maintenance Club bergabungnya para enginerring. Pak Eko adalah Juragan nya sebagai seorang Praktisi IMC ( Indonesia Maintenance) nanti Eko Priyono ST, MT. Pak Eko Dosen ITBU, membahas kondisi dilapangan yang perlu diatasi jika terjadi harmonisa sebagai pembicara pertama adalah pakar dan akademisi Prof Dr Ir Iwa Garniwa , MK, MT ( saat ini menjadi Rektor IT PLN ) beliau sangat banyak menelorkan ide dan gagasan, Pembicara pa itu di lapangan dan cara mengatasi gangguan sementara Pembicara ketiga Syamsudin Nurudin Safari,ST selaku Engineering Solution membicarakan “Solusi Harmonisa daya listrik dengan Active Filter ” . Seminar / webinar listrik kumpul ada tiga orang pakar ada pembicara pertama dari akademisi , kedua ada praktisi dan ketiga engeneering solusi. Bagaimana menghasilkan solusi nya.

 

 

Saya berharap Yayasan Kontruksi Nusantara( Yakonus) ini teman-teman dari Ahli Electrical (HAEI) , Saya juga bergabung sebagai anggotanya Saya juga dikampus sebagai Wakil Dekan FTI 1 Fakultas Tehnologi Industri, Itbu Jurusan teknik elektro, mengharapkan PLN dilihat lah dan. dikaji lah seberapa besar kerugian dari PLN, dan seberapa besar kerugian dari pelanggan PLN . Kan PLN hidup nya juga dari Pelanggan, jika pelanggan rugi sebenar nya PLN juga rugi. Kita secara bersama-sama membahas nya, Maka diharapkan dapat membahas dan mengatasi supaya dipakai se efisien mungkin itulah tujuan dari Seminar melalui Webinar listrik ini. kamis 25/2/2021 , Tambah Bambang Agus Hidayat, ST, MM kepada Poskota- Nasional.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *